Baku Hantam di Luar TPS, Tiga Warga Turki Tewas

Sonya Michaella    •    Senin, 17 Apr 2017 09:28 WIB
turki
Baku Hantam di Luar TPS, Tiga Warga Turki Tewas
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menang referendum. (Foto: ITV)

Metrotvnews.com, Ankara: Referendum Turki tampaknya sangat kontroversial. Upaya Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk mengubah konstitusional Turki menyebabkan tiga warganya tewas.

Insiden ini terjadi di luar sebuah TPS di Istanbul ketika ketiga orang ini terlibat baku hantam. Para pendukung oposisi pun sudah mulai demo saat suara masih dihitung. Mereka memukul-mukul panji, wajan serta peralatan dapur lainnya untuk memprotes referendum ini.

Dilansir ITV, Senin 17 April 2017, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, hasil referendum ini adalah kelahiran yang benar-benar baru bagi Turki.



Erdogan telah dinyatakan menang dalam referendum di mana suara 'Setuju' memperoleh 51,4 persen dan suara 'Tidak Setuju' hanya  48,6 persen.

Pemimpin partai oposisi utama di Turki, Kemal Kilicdaroglu mengatakan, hail pemungutan suara tidak sah sampai mereka naik banding ke Dewan Pemilihan Tinggi untuk menentukan siapa yang akan menang.

Pasalnya, hasil referendum ini akan menentukan masa depan politik Turki dalam jangka panjang dan tentu akan menimbulkan efek antara Turki dan Uni Eropa serta keadaan dunia internasional.

Tak hanya itu, Erdogan mengatakan kalau sebentar lagi Turki akan kembali mengadakan referendum, kali ini untuk menentukan berlakunya hukuman mati. 

Erdogan memang telah lama ingin memberlakukan kembali hukuman mati. Dalam pidato di hadapan pendukungnya, Erdogan mengatakan akan membahas hal tersebut dengan Perdana Menteri Binali Yildirim dan pejabat lainnya. 

 


(WIL)