Qatar Berlakukan Bebas Visa bagi 80 Negara

Sonya Michaella    •    Kamis, 10 Aug 2017 14:45 WIB
kisruh qatar
Qatar Berlakukan Bebas Visa bagi 80 Negara
Pemandangan umum Kota Doha, Qatar. (Foto: AFP/STR)

Metrotvnews.com, Doha: Di tengah panasnya krisis dengan negara-negara Teluk, Qatar mengumumkan program bebas visa bagi 80 negara untuk menggenjot bisnis transportasi udara dan pariwisatanya.

Warga negara dari Benua Eropa dan Amerika, serta Lebanon, Selandia Baru, India dan Afrika Selatan hanya perlu mengajukan paspor sah jika ingin memasuki negara tuan rumah Piala Dunia 2022 itu.

Sementara itu, warga dari 33 negara akan diizinkan untuk tinggal selama 180 hari dan warga dari 47 negara lainnya selama 30 hari. Namun, Pemerintahan Qatar belum membeberkan negara mana saja yang termasuk dalam daftar bebas visa.

"Skema pembebasan visa ini akan menjadikan Qatar sebagai negara yang paling terbuka di kawasan," ucap seorang pejabat pemerintahan Qatar, seperti dikutip Al Jazeera, Kamis 10 Agustus 2017.

Sejak Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, negara ini berusaha untuk membangun hubungan diplomatik dan perdagangannya di luar kawasan Teluk.

Sejumlah pihak menduga skema bebas visa hanyalah salah satu taktik Qatar untuk mempersiapkan peningkatan ekonomi yang lebih besar dari saat ini.

Pada 3 Agustus kemarin, Qatar juga sudah menyetujui undang-undang yang mengizinkan para pendatang yang memiliki izin tinggal tetap untuk mendapatkan keuntungan dari sebagaian sistem kesejahteraannya. 

Keuntungan ini meliputi layanan pendidikan dan kesehatan yang bisa digunakan oleh anak-anak yang salah satu orang tuanya adalah warga negara Qatar. 

 


(WIL)