Abbas Siap Bertemu Netanyahu di Bawah Naungan Trump

Willy Haryono    •    Rabu, 10 May 2017 16:16 WIB
israel palestina
Abbas Siap Bertemu Netanyahu di Bawah Naungan Trump
Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Ramallah: Presiden Palestina siap bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di bawah naungan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. 

Abbas mengaku telah menginformasikan Trump atas keputusannya ini saat bertemu di Gedung Putih pekan kemarin. 

"Kami mengatakan kepadanya bahwa kami siap berkolaborasi dengannya dan bertemu PM Israel di bawah naungan (Trump) untuk membangun perdamaian," ungkap Abbas kepada awak media dalam konferensi pers bersama Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Ramallah, seperti disitat Asharq al-Awsat, Kamis 10 Mei 2017.

"Kami menekankan kembali komitmen kami untuk membangun perdamaian berdasarkan keadilan, legitimasi internasional dan solusi dua negara, mendirikan negara independen Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya dan hidup berdampingan dengan Israel dalam hubungan keamanan dan perdamaian," lanjut dia. 

Menjamu Steinmeier di Ramallah, kedua petinggi mendiskusikan perkembangan terbaru di kawasan, termasuk kunjungan Abbas ke Gedung Putih dan pertemuannya dengan Trump belum lama ini. 

Ia mengatakan Trump telah menerima undangannya untuk bertemu di Bethlehem pada akhir bulan ini. 

Trump dijadwalkan tiba di Israel pada 22 Mei, dan kemudian akan datang ke Bethlemeh di Tepi Barat. Kunjungan ke Bethlehem dinilai sebagai usaha AS melanjutkan dialog damai antar Israel dan Palestina. 

Steinmeier mengatakan solusi dua negara harus menjadi basis dalam negosiasi apapun untuk menyelesaikan konflik Israel Palestina.


(WIL)