Putin Siap Menangani Ancaman Nuklir Korea Utara

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 13 May 2017 06:18 WIB
nuklir korea utara
Putin Siap Menangani Ancaman Nuklir Korea Utara
Presiden Rusia Vladimir Putin. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, Seoul: Presiden Rusia Vladimir Putin siap membantu Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dalam menangani ancaman nuklir Korea Utara. Bantuan itu terealisasi ketika keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama antar kedua negara.

Peningkatan kerja sama antara Rusia dan Korsel, antara lain memperkuat komunikasi bilateral strategis dalam mencari cara untuk mengekang ancaman nuklir Korut.

"Kami berharap Rusia akan memainkan peranan konstruktif guna dapat menghentikan Korea Utara melancarkan provokasi nuklir serta bergerak menuju perlucutan senjata nuklir," ucap Moon seperti mengutip Reuters, Sabtu 13 Mei 2017.

Moon mengatakan, akan berunding kepada enam pihak, antara lain Amerika Serikat, China, Jepang, Rusia, Korea Utara dan Korea Selatan mengenai perlucutan senjata nuklir Korut.

Perundingan enam negara itu buyar pada 2008 setelah Korut melakukan peluncuran roket. Ketegangan terus melanda semenanjung Korea selama berbulan-bulan terkait pengembangan nuklir dan peluru kendali oleh Korut, juga ketakutan bahwa negara itu akan melakukan uji coba nuklir keenam kalinya atau menguji peluru kendali balistik lain.

Moon merupakan sosok liberal yang mendukung pendekatan lebih mendamaikan terhadap Korea Utara dibandingkan dengan pendahulunya yang konservatif. Moon juga menyatakan harapan bahwa Rusia dan Korsel bisa bekerja sama dalam membangun Asia Timur, termasuk memperpanjang pipa gas alam dari Siberia ke Korea Selatan, kata Gedung Biru.

Putin sendiri siap membantu semua hal yang mereka bahas. Kedua pemimpin pun harus saling mengundang dan melakukan kunjungan kenegaraan. Putin akan menyambut baik kedatangan orang nomor satu di Korea Selatan maupun utusannya bila datang ke Rusia.


(AZF)