Berkali-kali Dikabarkan Tewas, Pemimpin ISIS Muncul dalam Rekaman Suara

Sonya Michaella    •    Jumat, 29 Sep 2017 11:08 WIB
isis
Berkali-kali Dikabarkan Tewas, Pemimpin ISIS Muncul dalam Rekaman Suara
Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Baghdad: Dikabarkan tewas berkali-kali, pemimpin Islamic State (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi kembali muncul lewat pesan suara. 

Di dalam rekaman 46 menit ini, Baghdadi mengolok-olok Amerika Serikat dan terus meminta para militan melawan rezim Suriah dan menguasai dunia.

"Amerika, Rusia dan Eropa akan hidup di dalam teror kami. Sunni juga harus melawan Syiah. Kami tidak menerima sebuah dialog untuk ini," kata suara yang diduga Baghdadi, dikutip dari CNN, Jumat 29 September 2017.

Sementara, juru bicara Direktur Intelijen Nasional AS mengatakan bahwa pemeriksaan akan dilakukan untuk memastikan apakah benar suara tersebut adalah suara Baghdadi.

"Meskipun kami tidak memiliki alasan untuk meragukan keasliannya, untuk saat ini kami belum dapat memverifikasi," ungkap dia.

Berita Baghdadi tewas telah menggema sejak pertengahan tahun ini. Beberapa pihak menyangsikannya, walaupun Rusia mengklaim serangan udaranya di Mosul dipastikan menewaskan Baghdadi. 

Namun, Lahur Talabany -- seorang panglima tertinggi kontra-terorisme dari pasukan Kurdi pernah mengatakan bahwa dirinya 99 persen yakin Baghdadi masih hidup dan berada di sebelah selatan kota Suriah, Raqqa. 

Ia meyakini hal tersebut meski sejumlah laporan menyebutkan Baghdadi telah terbunuh.

"Baghdadi benar-benar hidup. Dia tidak mati. Kami memiliki informasi dia masih hidup. Kami percaya 99 persen dia masih hidup," kata Talabany dalam sebuah wawancara.

Menurutnya, akar rumput Baghdadi adalah al Qaeda di Irak. Baghdadi dikenal pintar bersembunyi dari petugas keamanan dan cepat dalam menyusun rencana selanjutnya. 


(WIL)