Gempa 5,3 SR Guncang Iran, Terasa Hingga UEA

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Feb 2019 19:05 WIB
gempa bumiiran
Gempa 5,3 SR Guncang Iran, Terasa Hingga UEA
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Teheran: Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang Iran, Minggu 10 Februari 2019. Menurut data Pusat Seismologi Institut Geofisika di Universitas Teheran, guncangan melanda Izeh di provinsi Khuzestan.

Kantor berita Mehr News Agency melaporkan, gempa terasa hingga ke beberapa bagian di Uni Emirat Arab. Sementara menurut Pusat Meteorologi Nasional, episenter gempa berlokasi di dekat pulau Qeshm di Iran bagian selatan.

Sejauh ini, tidak ada laporan korban jiwa maupun luka dan juga kerusakan bangunan akibat gempa.

Dua tahun lalu, provinsi Khuzestan yang berdekatan dengan Irak dilanda gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter. Guncangan dahsyat kala itu menewaskan ratusan orang dan melukai ribuan lainnya.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan gempa saat itu berpusat 30 kilometer dari barat daya Halabja, dekat perbatasan timur laut Iran.

Getaran juga terasa selama 20 detik di Baghdad, ibu kota Irak, serta di provinsi lainnya di Irak. Di Provinsi Sulaimaniyah, yang terletak di wilayah Kurdistan, Irak, warga berlarian ke jalan saat gempa mengguncang dan ada beberapa kerusakan pada bangunan.

Angka terakhir korban tewas dalam tragedi tersebut mencapai 630 orang, dengan 8.100 terluka dan 70 ribu kehilangan tempat tinggal.


(WIL)