Ratusan Pengunjung Banjiri Festival Indonesia di Azerbaijan

   •    Minggu, 20 Nov 2016 11:43 WIB
indonesia-azerbaijan
Ratusan Pengunjung Banjiri Festival Indonesia di Azerbaijan
Festival Indonesia di kota Baku, Azerbaijan, 19 November 2016. (Foto: KBRI Baku)

Metrotvnews.com, Baku: Untuk pertama kalinya, Kedutaan Besar Republik Indonesia mengadakan sebuah perhelatan festival budaya Indonesia di jantung kota Baku, Azerbaijan. Acara bertempat di Mugam Centre, dan akan berlangsung mulai 19 hingga 20 November 2016. 

Pada hari pertama, acara dibanjiri sekitar 500 pengunjung. Acara secara resmi dibuka Dubes RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, dan Abulfaz Garayev, Menteri Pariwisata Republik Azerbaijan.

“Kami berterima kasih dan merasa senang sekali atas antusiasme masyarakat Azerbaijan. Ini lebih dari apa yang kami bayangkan sebelumnya. Respons ini merupakan awal yang baik untuk perkembangan hubungan antara Indonesia dan Azerbaijan. Kami berharap pengunjung esok hari juga akan sama banyaknya seperti hari ini,” ujar Angela Soewono, Kepala Penerangan KBRI Baku, Sabtu 19 November.

Dalam festival ini disajikan pameran foto pemandangan dan budaya Tanah Air dari para fotografer Indonesia, panggung rakyat, photobooth dan pameran produk-produk RI. Di area pertunjukan, pengunjung disajikan fashion show dan penampilan tarian dan musik. Sebagian dari penampilan tari di dalam festival ini dibawakan para mahasiswa Azerbaijan yang mengambil program studi Indonesia di Azerbaijan University of Language.


Festival Indonesia di Baku, Azerbaijan. (Foto: KBRI Baku)
 
“Festival ini merupakan kesempatan baik bagi Indonesia untuk menyajikan kebudayaan, keberagaman dan nilai-nilai yang memperkaya masyarakat global. Festival ini sekaligus merayakan jalinan persahabatan dan persaudaraan antara Azerbaijan dan Indonesia, dalam hal budaya, masyarakat dan perdagangan,” jelas Dubes Husnan dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Minggu (20/11/2016).

“Bagi kami sendiri, merupakan kesempatan berharga untuk mengadakan kegiatan di Baku, yang tahun ini merupakan panggung dari banyak sekali kegiatan penting berskala internasional. Baku merupakan wadah yang mempromosikan keberagaman budaya dan toleransi, dalam nilai multikulturalisme. Ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk menambahkan warna pada keberagaman budaya di Azerbaijan," tambah dia. 

Kegiatan ini masih akan berlangsung hingga 20 November 2016. Ada lebih dari 150 delegasi dari Indonesia yang datang ke Azerbaijan untuk kegiatan ini. Delegasi datang dari latar belakang berbeda, seperti media, pengisi acara, akademisi dan pengusaha.

(WIL)