Indonesia Gencar Promosi Tempe di Qatar

Sonya Michaella    •    Kamis, 16 Mar 2017 18:12 WIB
indonesia-qatar
Indonesia Gencar Promosi Tempe di Qatar
Tempe dipromosikan gencar di Festival Internasional, Doha. (Foto: Dok. KBRI Doha)

Metrotvnews.com, Doha: Tempe, menjadi makanan yang digandrungi siswa sekolah internasional di Doha, Qatar dalam Festival Internasional. Hal ini pun menjadi kesempatan Indonesia untuk mempromosikan tempe lebih luas.

Promosi ini diselenggarakan oleh Komunitas Diaspora Indonesia di Doha. Indonesia tampil dengan stand  penuh dekorasi gaya khas nusantara dan pakaian adat tradisional sehingga menarik banyak pengunjung untuk melihat dari dekat  booth Indonesia serta berfoto bersama.  

"Dukungan terus ada bagi pelaksanaan festival ini guna mempromosika budaya dan masakan nusantara, khususnya dalam rangka peringatakan ulang tahun ke-40 hubungan diplomatik Indonesia dan Qatar," ujar Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi.

Festival ini merupakan salah satu bentuk diplomasi kuliner hasil kerjasama antara ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Doha dengan komunitas diaspora Indonesia di Qatar yang diperkirakan berjumlah sekitar 40 ribu WNI.



Seperti keterangan tertulis dari KBRI Doha yang diterima Metrotvnews.com, Kamis 16 Maret 2017, promosi tempe menjadi icon karena dianggap sebagai makanan sehat khas Indonesia yang mulai digandrungi komunitas manca negara namun belum banyak mengetahui asal usulnya.

Tempe disajikan dengan lezat dan tampilan yang menarik oleh ibu-ibu komunitas diaspora. Para pengunjung mendapatkan penjelasan tentang asal usul Tempe dan proses pembuatannya  termasuk berbagai jenis tempe yang ada seperti tempe bacem, garlic tempe, dan burger tempe.

Pengunjung juga diajarkan bagaimana menjadikan tempe sebagai bahan dasar aneka makanan yang cocok disajikan dalam berbagai acara. Tidak kalah dengan kuliner dari manca negara,  tempe disajikan dengan rasa dan sajian yang menawan.

Selama festival berlangsung, stand Indonesia selalu ramai dikunjungi. Namun sasaran akhir dalam festival, jelasnya lagi, lebih bertujuan guna mempromosikan pariwisata Indonesia agar para siswa-siswi dan ekspatriat asing berkunjung guna menghabiskan musim liburnya di musim panas nanti.


(FJR)

Pelaku Serangan London Tak di Bawah Kendali ISIS

Pelaku Serangan London Tak di Bawah Kendali ISIS

9 hours Ago

Tidak ada bukti bahwa pelaku serangan, Khalid Masood tergabung dalam kelompok radikal mana pun…

BERITA LAINNYA