Targetkan Militan di Suriah, Rusia Luncurkan Serangan Udara

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Nov 2016 09:46 WIB
konflik suriah
Targetkan Militan di Suriah, Rusia Luncurkan Serangan Udara
Pesawat Rusia yang mengebom salah satu markas militan di Suriah (Foto: Associated Press)

Metrotvnews.com, Moskow: Rusia, lewat Kementerian Pertahanannya mengatakan telah meluncurkan serangan pertama pada kelompok militan di Suriah menggunakan pesawat tempur.

Rudal ditembakkan dari pesawat tempur Rusia Tu-95MS yang berasal dari pangkalan udara diketahui mengenai sebuah markas kelompok militan ISIS dan Al Nusra serta Al Qaeda.

Dikutip Reuters, Jumat (18/11/2016), serangan Rusia yang terkoordinasi ini juga disertai serangan dari kapal induk Kuznetsov, dua kapal perang anti-kapal selam, dan empat kapal dukungan yang tiba di lepas pantai Suriah, awal bulan ini.

Penyebaran angkatan laut membawa puluhan pesawat tempur sekaligus pengebom dan helikopter diharapkan bergabung dengan sekitar 10 kapal Rusia lainnya di lepas pantai Suriah.

Terlepas dari serangan rudal strategis pesawat tempur tersebut, serangan pesawat-pesawat tempur lainnya dari pangkalan udara Hmeimim di Suriah juga ambil bagian dalam operasi tersebut.

Rudal diluncurkan dari Laut Mediterania, sementara beberapa pesawat dikerahkan dari pangkalan udara di Rusia yang mencakup lebih dari 11.000 kilometer dan pengisian bahan bakar sebanyak dua kali di udara.

Namun, laporan dari Kemenhan Rusia tak memberi rincian tepatnya daerah mana yang dikuasai ISIS yang diserang pesawat tempur Rusia ini.


(FJR)