Hamas dan Fatah Capai Kesepakatan Damai

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 12 Oct 2017 13:51 WIB
palestina
Hamas dan Fatah Capai Kesepakatan Damai
Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Kairo: Kelompok Hamas dan Fatah menyebutkan telah mencapai kesepakatan damai usai bentrok selama satu dekade. Ini merupakan langkah baik untuk Palestina mencapai kemerdekaan.
 
Pembicaraan rekonsiliasi ini dilakukan di Kairo, Mesir pada Rabu kemarin. Juru Bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan bahwa perundingan di Kairo telah berjalan serius dan mendalam.
 
"Perundingan tersebut positif dan pihak Mesir bahkan sudah menyelesaikannya," ujarnya seperti dilaporkan Pusat Informasi Palestina, yang dikutip BBC, Kamis 12 Oktober 2017.
 
Bulan lalu, Hamas sepakat untuk membubarkan komite yang menguasai Gaza. Langkah tersebut menjadi tuntutan utama Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk membubarkan otoritas Palestina di Tepi Barat yang didominasi Gaza.
 
Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah kemudian melakukan perjalanan ke Gaza untuk mendiskusikan masalah ini.
 
Hamas mengatakan rincian kesepatakan tersebut akan dirilis hari ini, sementara Fatah masih belum berkomentar.
 
Sementara itu, Pusat Informasi Palestina pro-Hamas mengumumkan kesepakatan tersebut dan mengatakan kalau rincian akan diumumkan lewat konferensi pers yang dilakukan di Kairo siang ini.
 
Hamas dan Fatah sudah berseteru sejak 2007. Para warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat selama 10 tahun terakhir diperintah oleh dua organisasi berbeda.



(FJR)