Disertai Pengamanan Ketat, PM Hariri Hadiri Parade Militer Lebanon

Fajar Nugraha    •    Rabu, 22 Nov 2017 15:31 WIB
konflik lebanon
Disertai Pengamanan Ketat, PM Hariri Hadiri Parade Militer Lebanon
PM Lebanon Saad Hariri berdoa di hadapan makam ayahnya, Rafiq Hariri di Beirut (Foto: AFP).

Beirut: Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri hadir dalam perayaan Hari Kemerdekaan Lebanon. Hariri muncul dalam parade militer di Beirut.

Hariri sebelumnya sudah berada di Lebanon sebelum pelaksanaan parade. Dia tiba di negara setelah transit di Mesir dan Siprus.

(Baca: PM Hariri Kembali ke Lebanon Setelah Umumkan Pengunduran Diri).

Seperti dilansir AFP, Rabu 22 November 2017, tiba di lokasi parade, Hariri dikawal dengan saat ketat. Warga pun menyambutnya dengan tepuk tangan yang meriah.

Politikus berusia 47 tahun itu sempat membuat kisruh pemerintahan Lebanon, setelah mengumumkan pengunduran dirinya di Arab Saudi pada 4 November lalu. Presiden Lebanon Michael Aoun mengatakan tidak akan menerima pengunduran diri ini, hingga mendengarnya secara langsung.

Hariri pun diperkirakan akan bertemu dengan Aoun dan Ketua Parlemen setelah parade berlangsung. 

Dalam pemerintahan Lebanon, PM Hariri memimpin koalisi bersama lawan politiknya, Hizbullah. Pengunduran dirinya membawa Lebanon dalam kisruh politik.

Sebagai sekutu Arab Saudi, Hariri menuduh Hizbullah telah menyandera Lebanon dan mengklaim bahwa kelompok itu tengah merencanakan pembunuhan terhadap dirinya.

Langkah dari Hariri mengundurkan diri yang diumumkan dari Arab Saudi, membuahkan spekulasi. Tetapi saat bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fatah al-Sisi di Kairo, Hariri menegaskan akan mengumumkan posisi politiknya di Lebanon.



(FJR)