Baku Tembak dengan Suriah, Kemenlu Rusia Panggil Dubes Israel

Sonya Michaella    •    Senin, 20 Mar 2017 15:27 WIB
suriah
Baku Tembak dengan Suriah, Kemenlu Rusia Panggil Dubes Israel
Jet temput Israel yang akan terus menyerang Hizbullah. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil Duta Besar Isral di Moskow dan diminta untuk menjelaskan baku tembak pekan lalu antara jet Israel dan pasukan pemerintah Suriah.

"Rusia menyatakan keprihatinan atas insiden ini di mana Israel berada di dalam sebuah misi untuk menghancurkan konvoi senjata yang ditujukan ke Hizbullah," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov.

Seperti dikutip Reuters, Senin 20 Maret 2017, Duta Besar Israel untuk Rusia, Gary Koren, terpaksa dipanggil ke Kemenlu Rusia terkait hal ini.

Angkatan darat Suriah, Jumat 17 Maret kemarin mengklaim telah menembak jatuh sebuah jet tempur Israel dan menembak satu pesawat lainnya.

Angkatan Darat Suriah menembak jet-jet tempur Israel ini setelah negara itu menggelar serangan fajar ke Kota Tua Palmyra.

"Pertahanan udara kami memergoki mereka dan menembak jatuh satu pesawat tempur dan mengenai satu lainnya serta memaksa sisa pesawat tempur Israel mundur," demikian pernyataan AD Suriah.

Sementara, militer Israel mengatakan, jet-jet tempurnya menghantam sejumlah sasaran di Suriah dan kembali ke wilayah udara Israel saat sejumlah rudal darat ke udara diluncurkan dari Suriah.

Sistem pertahanan udara Israel kemudian beraksi dan berhasil mencegat rudal-rudal Suriah itu.

Hizbullah diketahui berjuang bersama pasukan Presiden Suriah, Bashar Al Assad selama enam tahun perang saudara di Suriah.

Rusia sendiri pun adalah sekutu Suriah yang telah memberikan kunci militer dan dukungan politik untuk pasukannya.


(WIL)

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

20 hours Ago

Khalid Masood, warga Inggris 52 tahun dengan riwayat pelanggaran kekerasan tapi diyakini bukan…

BERITA LAINNYA