Ledakan Bunuh Diri di Restoran Somalia Tewaskan Enam Orang

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Sep 2017 19:58 WIB
konflik somalia
Ledakan Bunuh Diri di Restoran Somalia Tewaskan Enam Orang
Militan Al Shabaab berada di sebuah kamp pelatihan di Somalia. (Foto: Middle East Monitor)

Metrotvnews.com, Beledweyne: Sedikitnya enam orang tewas setelah seorang pria meledakkan diri di sebuah restoran di luar kantor gubernur di kota Beledweyne, Somalia, Minggu 10 September 2017. 

Kelompok militan al Shabaab yang terafiliasi al Qaeda mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. 

"Ada beberapa orang terluka. Pelaku meledakkan diri di restoran," ujar Mayor Polisi Hussein Osman, seperti dikutip Middle East Monitor

Ledakan terjadi saat Gubernur Provinsi Hiran sedang menggelar rapat di kantornya. 

Abdiasis Abu Musbah, juru bicara operasi militer al Shabaab mengatakan, "kami berada di balik serangan di markas besar gubernur Hiran. Kami membidik para pekerja di jajaran administrasi Hiran."

Beledweyne berlokasi sekitar 340 kilometer dari utara Mogadishu, ibu kota dari Somalia. Warga setempat mengatakan beberapa ketua suku berada di jajaran korban tewas.

"Pelaku yang memakai jaket peledak berdiri di dalam restoran dan meledakkan diri. Kami sedang menuju ke sebuah rapat di kantor gubernur saat peristiwa terjadi," tutur Farah Ali, seorang kepala suku lokal. 

Somalia dilanda perang sejak 1991, saat sejumlah kepala suku menggulingkan diktator Siad Barre untuk kemudian saling berperang. 

Al Shabaab dikenal sering melancarkan serangan di Mogadishu dan beberapa bagian lainnya di Somalia untuk menggulingkan pemerintah resmi yang didukung dunia Barat. Mereka juga ingin mengusir Pasukan Penjaga Perdamaian dari Uni Afrika.


(WIL)