Arab Saudi Tuding Yaman, Kuwait dan Libya Dukung Terorisme

Sonya Michaella    •    Selasa, 25 Jul 2017 08:41 WIB
kisruh qatar
Arab Saudi Tuding Yaman, Kuwait dan Libya Dukung Terorisme
Ilustrasi by Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Riyadh: Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir mengumumkan bahwa mereka memiliki daftar kelompok dan individu yang terkait dengan terorisme.

Arab Saudi dan para sekutunya merilis sebuah pernyataan bersama yang menuding sekitar 9 kelompok serta 9 individu yang terkait dengan terorisme.

Dikatakan, mereka memiliki hubungan dengan Yaman, Qatar dan Libya.

Dikutip AFP, Selasa 25 Juli 2017, secara tidak langsung, 9 kelompok dan 9 individu ini juga terkait dengan Qatar yang dituduh mendukung terorisme sehingga hubungan diplomatiknya diputus sepihak oleh Arab Saudi.

"Tiga organisasi di Yaman dan enam organisasi yang berbasis di Libya memiliki hubungan dengan Al Qaeda dan kelompok yang berafiliasi di Suriah," sebut pernyataan itu.

Pernyataan tersebut juga mengatakan, tiga warga Qatar, tiga warga Yaman, dua warga Libya dan satu warga Kuwait terlibat dalam "kampanye penggalangan dana untuk mendukung ISIS dan kelompok teroris lainnya di Suriah".

Sampai saat ini, Kuwait belum bereaksi kendati warga negaranya dituduh terkait terorisme. Padahal, Kuwait adalah negara yang menjadi mediator di konflik Qatar dengan negara-negara Teluk ini.

Belum ada juga komentar dari Yaman dan Libya hingga sekarang. Dua negara ini juga mengikuti langkah Arab Saudi untuk memutus hubungan dengan Qatar pada 5 Juni lalu. 





(WIL)