Satu Juta Anak-Anak di Yaman Berisiko Meninggal akibat Kolera

Willy Haryono    •    Rabu, 02 Aug 2017 15:15 WIB
konflik yaman
Satu Juta Anak-Anak di Yaman Berisiko Meninggal akibat Kolera
Anak-anak di Sanaa, Yaman, 13 April 2017, mengantre untuk mendapatkan makanan. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Sanaa: Lebih dari satu juta anak-anak di Yaman berisiko meninggal dunia, lapor organisasi non-pemerintah (NGO) Save the Children.

Organisasi yang berbasis di London itu mengingatkan bahwa anak-anak di Yaman saat ini mengalami malnutrisi akut, dan tinggal di beberapa area terparah dilanda wabah kolera. 

Jumlah anak yang terjangkit kolera sepanjang perang sipil di Yaman telah melonjak hingga lebih dari 430 ribu. 

Anak-anak yang menderita malnutrisi tiga kali lebih berpotensi meninggal dunia akibat kolera bila dibandingkan bocah normal atau orang dewasa. Hal ini dikarenakan imunitas tubuh mereka melemah sehingga sulit melawan penyakit tersebut. 

Dari jutaan anak-anak di bawah umur lima tahun yang mengalami malnutrisi akut di Yaman, ungkap Save The Children, sekitar 200 ribu di antaranya berisiko meninggal akibat kelaparan. 

Sejak April hingga sekarang, lebih dari 1.900 orang di Yaman tewas akibat kolera. Satu per tiga dari angka tersebut adalah anak di bawah usia 15. 

Kolera adalah penyakit yang mudah disembuhkan. Namun perang sipil di Yaman sejak dua tahun terakhir telah menghancurkan banyak infrastruktur medis di negara tersebut. Selain itu, kubu bertikai juga sering melarang adanya pengiriman pasokan medis dan makanan. 

"Banyak anak-anak Yaman terperangkap dalam siklus kelaparan dan sakit," sebut Save the Children, seperti dikutip BBC, Rabu 2 Agustus 2017.

Tamer Kirolos, direktur Save the Children cabang Yaman, mengatakan bahwa "tragedi malnutrisi dan kolera mudah ditangani jika ada akses ke perawatan medis dasar."

"Namun banyak rumah sakit dan klinik yang hancur. Staf medis pemerintah juga sudah tidak mendapat gaji selama hampir satu tahun, serta pengiriman bahan-bahan darurat juga dihalang-halangi," lanjut dia.


(WIL)