Pertama dalam Sejarah, Fransiskus Pergi ke Semenanjung Arab

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Feb 2019 18:11 WIB
paus fransiskus
Pertama dalam Sejarah, Fransiskus Pergi ke Semenanjung Arab
Paus Fransiskus. (Foto: AFP)

Abu Dhabi: Paus Fransiskus bertolak menuju Uni Emirat Arab dan dijadwalkan mendarat hari ini, Minggu 3 Februari 2019. Ia akan menjadi pemimpin pertama Gereja Katolik Vatikan yang mendatangi Semenanjung Arab.

Seperti dikutip dari laman BBC, Fransiskus telah diundang Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan untuk datang ke Abu Dhabi. Di sana, Fransiskus akan ikut serta dalam sebuah konferensi dialog antar-agama.

Kunjungan ke UEA juga akan diikuti acara misa pada Selasa mendatang, yang diyakini akan diikuti sekitar 120 ribu orang. Kunjungan ini akan diawasi komunitas global terkait keterlibatan UEA dalam konflik Yaman.

Selama ini Fransiskus mengecam keras konflik di Yaman. Sementara UEA adalah bagian dari koalisi pimpinan Arab Saudi yang menggempur pemberontak Houthi di Yaman.

Tahun lalu, Fransiskus meminta komunitas internasional untuk "menghindari memperburuk bencana kemanusiaan di Yaman."

UEA adalah rumah bagi hampir satu juta pemeluk agama Kristen Katolik. Sebagian besar dari mereka datang dari Filipina atau India.

Dalam sebuah pesan video pada Kamis kemarin, Fransiskus berkata, "saya senang dapat diberi kesempatan menuliskan sejarah, menuliskan lembaran baru dalam sejarah hubungan antar-agama."

"Keyakinan kepada Tuhan itu menyatukan, bukan memisahkan. Keyakinan ini mendekatkan kita semua terlepas dari berbagai perbedaan," ungkap Fransiskus.

Dia menginginkan UEA menjadi "negara model koeksistensi antar manusia yang bersaudara satu sama lain."

Selama di Abu Dhabi, Fransiskus juga akan bertemu Sheikh Ahmed al-Tayeb, seorang imam besar masjid Al-Azhar asal Kairo.


(WIL)