Walikota London Nyatakan Dukungan untuk Hillary Clinton

Damar Iradat    •    Sabtu, 17 Sep 2016 03:34 WIB
pemilu as
Walikota London Nyatakan Dukungan untuk Hillary Clinton
Wali Kota London Sadiq Khan. (Foto: AFP/Nova Safo).

Metrotvnews.com, Chicago: Wali Kota London Sadiq Khan menyuarakan dukungannya kepada calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Hillary Clinton. Khan mengaku sebagai salah satu pendukung setia Clinton.

Saat melakukan kunjungan pertamanya di Amerika Serikat, Khan berharap Hillary dapat memenangkan Pemilu pada November mendatang.

"Dia (Hillary) bisa dikatakan sebagai satu-satunya kandidat yang berpengalaman," kata Khan seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (17/9/2016), .

"Sebagai ayah dari dua anak perempuan, saya pikir pesan yang dikirimkan ketika politikus terkuat di dunia adalah seorang wanita, itu sebuah fenomena, dan saya harap dia menang," tambahnya.

Dalam pidatonya selama 45 menit di hadapan 250 akademisi, diplomat, dan pelaku bisnis, Khan sempat membahas soal rencana Donald Trump, calon presiden dari Partai Republik, yang melarang imigran muslim datang ke Amerika Serikat. Meski tidak menyebut nama Trump secara gamblang, namun, banyak pihak meyakini komentar Khan ditujukan untuk Trump.

"Saya kira, menyarankan muslim dilarang masuk ke Amerika Serikat, sama saja menilai muslim tidak sesuai dengan nilai-nilai kebaratan," tuturnya.

"Hal itu, malah secara tidak sengaja mengajak kepada orang-orang untuk bergabung dengan ISIS," lanjut Khan.

Desember 2015 lalu, Trump menawarkan sikap berlebihan kepada imigran muslim yang akan masuk ke Amerika Serikat. Dia menyebut, imigran islam dilarang masuk ke Amerika.

Kemudian, awal musim panas lalu, dia menyatakan dukungan agar membatasi larangan kepada negara-negara yang berkaitan dengan teroris.


(HUS)