100 Warga Palestina Ditangkap Prajurit Israel dari Masjid Al-Aqsa

Fajar Nugraha    •    Jumat, 28 Jul 2017 17:37 WIB
palestina israel
100 Warga Palestina Ditangkap Prajurit Israel dari Masjid Al-Aqsa
Prajurit Israel melakukan penangkapan terhadap warga Palestina (Foto: Maan).

Metrotvnews.com, Bethlehem: Sekitar 100 warga Palestina ditahan dari Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur pada Kamis 27 Juli malam waktu setempat.
 
Pihak keamanan Israel menahan 100 warga Palestina itu di pusat tahanan di Yerusalem. Penangkapan dilakukan setelah beberapa jam sebelumnya Masjid Al-Aqsa dibuka secara penuh, usai dibatasi selama dua pekan.
 
Kepala Komite Urusan Tahanan Palestina, Issa Qaraqe mengatakan dalam pernyataannya menyebutkan 100 warga Palestina ditahan oleh Israel. 21 dari tahanan itu diadili di pengadilan Yerusalem pada Jumat 28 Juli, sementara 79 lainnya dibebaskan.
 
"Pengacara pihak komite, Muhammad Mahmoud menjadi salah satu orang yang ditahan hingga Jumat pagi," pernyataan Qaraqe, seperti dikutip Maan, Jumat 28 Juli 2017.
 
Kepala polisi Israel Luba al-Samri mengatakan bahwa "usai Salat Magrib pada Kamis, puluhan pemuda masih tetap bertahan Masjid Al-Aqsa dan menolak mengikuti perintah polisi."
 
"Kepolisian Israel mencoba untuk meminta mereka keluar dan meninggalkan masjid, tetapi hal tersebut tetap tidak diikuti," jelas Samri.
 
Menurut Bulan Sabit Merah Palestina, pihaknya merawat sekitar 94 warga yang terluka karena terlibat bentrok dengan pihak kepolisian Israel. Beberapa dari warga dirawat karena terkena tembakan peluru karet dan menghirup gas air mata.



(FJR)