Hamas dan Israel Sepakat Gencatan Senjata

Fajar Nugraha    •    Rabu, 30 May 2018 13:34 WIB
palestina israel
Hamas dan Israel Sepakat Gencatan Senjata
Asap hitam di Gaza akibat serangan udara yang dilakukan Israel pada 29 Mei 2018 (Foto: AFP).

Gaza: Hamas dan Israel sepakat gencatan senjata di Gaza. Kedua kelompok tak akan saling serang, seperti terjadi pada Maret silam.

"Beberapa mediator terlibat dalam negosiasi selama beberapa jam terakhir dan kesepakatan diraih," kata Wakil Pimpinan Hamas di Gaza, Khalil al-Hayya, seperti dikutip AFP, Rabu 30 Mei 2018.

Baca juga: Palestina Klaim Israel Tembakkan 773 Peluru ke Warga Sipil.
 
Al-Hayya memastikan, Hamas akan tunduk dengan kesepakatan itu. "Asalkan Israel (juga) bersikap sama," tegas Al-Hayya.

Militer Israel belum memberikan komentar atas klaim gencatan senjata itu.
 
Sejak bentrokan warga Gaza dengan prajurit Israel akhir Maret lalu. Bentrokan berlanjut ketika warga Palestina melakukan protes memperingati 'Great March Return' sekaligus memprotes pembentukan negara Israel.
 
Total korban tewas dalam rangkaian protes ini mencapai 112 jiwa, termasuk 13 anak-anak. Sementara 13.190 lainnya menderita luka.
 
Kesehatan untuk Palestina
 
Warga Palestina saat ini sangat membutuhkan bantuan kesehatan, bukan hanya tempat tinggal. Di wilayah Gaza, bantuan tersebut sangat diperlukan karena sering dilanda serangan dari Israel.
 
Salah satu bantuan kesehatan yang datang dari rakyat Indonesia adalah keberadaan Rumah Sakit Indonesia. Gunan memperkuat keberadaan rumah sakit ini, lembaga bantuan kemanusiaan Indonesia, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), akan melakukan perluasan pembangunan di Rumah Sakit Indonesia.
 
Baca juga: RS Indonesia di Gaza Harapan Seluruh Warga Palestina.
 
Pembangunan berupa penambahan dua lantai, yaitu lantai 3 dan 4, serta penambahan alat kesehatan. Untuk lantai tiga dan empat akan ada penambahan ruang rawat inap, ruang pemindai (MRI) dan departemen lainnya yang sesuai kebutuhan.
 
Media Group yang membawahi Metro TV, Medcom.id dan Media Indonesia, bekerja sama dengan MER-C untuk menggalang dana pembangunan rumah sakit. Warga bisa berpartisipasi langsung untuk membantu rumah sakit itu.
 
Donasi untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia tahap kedua di Gaza, Palestina, bisa melalui rekening dengan atas nama Yayasan Media Group. Nomor rekening itu antara lain:
 
Bank Syariah Mandiri 733-332-2212
BCA 309-700-8003
Bank Mandiri 117-0000-77-99-00


(FJR)