110 Orang di Nigeria Tewas Akibat Demam Lassa

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 13 Mar 2018 12:02 WIB
nigeria
110 Orang di Nigeria Tewas Akibat Demam Lassa
Demam Lassa serang Nigeria. (Foto: AFP).

Abuja: Nigeria kembali bertempur melawan wabah mematikan. Setelah beberapa tahun lalu Ebola menjangkiti wilayah tersebut, kini demam Lassa telah menewaskan 110 orang di wilayah tersebut.

Hingga saat ini, Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC) mengonfirmasi sebanyak 353 kasus Lassa terjadi sejak 1 Januari lalu. Kasus ini jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 143 kasus sepanjang 2017.

"Semakin keras Anda mencari, semakin banyak yang Anda temukan," ucap Direktur NCDC Chikwe Ihekweazu, seperti dikutip dari laman AFP, Selasa 13 Maret 2018.

Perubahan lingkungan dan mutasi virus menjadi alasan penyebaran penyakit ini begitu cepat. Dia mengatakan ada kampanye kesadaran untuk masyarakat agar warga lebih tanggap dalam menghadapi penyakit ini.

Meski demikian, para dokter dan petugas medis masih dalam penelitian akan virus tersebut yang begitu cepat menyebar.

Demam Lassa merupakan penyakit hemoragik virus akut yang dapat menular ke manusia dari kotoran tikus atau urin yang terinfeksi. Seperti Ebola, penyakit ini juga bisa menular lewat kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi.

Karenanya, perlengkapan pelindung penuh untuk tenaga medis dan isolasi pasien sangat penting untuk penanganan penyakit ini.


(FJR)