Israel Buat Ulah di Masjid Al-Aqsa, Yordania Lontar Kecaman

Fajar Nugraha    •    Jumat, 13 Oct 2017 09:34 WIB
palestina israel
Israel Buat Ulah di Masjid Al-Aqsa, Yordania Lontar Kecaman
Prajurit Israel di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa (Foto: Anadolu).

Metrotvnews.com, Amman: Pelanggaran yang berulangkali dilakukan oleh Israel di Masjid Al-Aqsa, memicu kecaman dari Yordania. Pemerintah Yordania menuntut Israel bertanggungjawab atas provokasi yang mereka lakukan.
 
Pada Kamis 12 Oktober 2017, Menteri Negara Urusan Medua Mohammad Momani mengatakan, pelanggaran itu termasuk penyerbuan belum lama ini ke dalam halaman Masjid Al-Aqsa oleh pemukim Yahudi. Sontak hal tersebut meningkatkan ketegangan di wilayah.
 
"Jordania menolak dan mengutuk tindakan yang tak bertanggung-jawab dan provokatif semacam itu oleh penguasa Yahudi. Tindakan ini menyulut perasaan umat Muslim di mana pun juga dan melanggar semua norma serta hukum internasional yang menyerukan dihormatinya semua tempat suci," kata Momani, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat 13 Oktober 2017.
 
"Tindakan semacam itu oleh Israel merusak upaya internasional untuk melanjutkan pembicaraan perdamaian antara Israel dan Palestina," jelasnya.
 
 
Monami mendesak Pemerintah Israel agar segera menghentikan pelanggaran semacam itu dan menghormati peran Yordania dalam melindungi semua tempat suci di Yerusalem.
 
Sebelumnya, tiga warga Palestina tewas dalam bentrokan di sekitar Kota Tua Yerusalem pada Jumat 21 Juli. Itu merupakan kekerasan jalanan terburuk sejak beberapa tahun terakhir di area tersebut, menyusul pembatasan akses Muslim ke Masjid Al-Aqsa.
 
Setelah kematian tersebut, seorang warga Palestina menikam tiga warga Israel.  Kini fungsi Masjid Al-Aqsa dikembalikan dan pembatasan akses terhadap Muslim yang melakukan ibadah sudah dibatalkan.
 
 
Indonesia pun menginisiasi kesepekatan ASEAN mengenai situasi di Kompleks Masjid Al-Aqsa. Ada enam poin disepakati oleh ASEAN,  soal menekankan pentingnya kebebasan untuk melakukan peribadatan.

 

 
(FJR)