Kolera Mewabah di Nigeria, 175 Orang Tewas

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 13 Nov 2018 13:34 WIB
nigeria
Kolera Mewabah di Nigeria, 175 Orang Tewas
Pemberian vaksin kolera di Zimbabwe. (Foto: AFP).

Maiduguri: Dewan Pengungsi Norwegia (NRC) melaporkan sebanyak 175 orang tewas akibat wabah kolera. Sementara itu, mereka menyebutkan 10 ribu orang juga terjangkit wabah yang menyebar cepat tersebut.

"Salah satu penyebab utama wabah cepat menyebar adalah padatnya kemah-kemah pengungsian. Selain itu, air bersih sulit didapat, dan sanitasi serta layanan kebersihan juga relatif buruk," kata Manajer Program NRC Janet Cherono, dilansir dari laman News24, Selasa, 13 November 2018.

Cherono menambahkan musim hujan memperburuk kondisi di wilayah tersebut. "Jika fasilitas kesehatan dan sanitasi tambahan tidak segera disiapkan, maka Nigeria dapat kembali dilanda wabah kolera pada 2019," imbuhnya.

Pada awal November, sekitar 175 orang tewas akibat kolera di wilayah Adamawa, Borno dan Yobe. Wabah ini semakin sering menjangkiti Nigeria setelah kelompok militan Boko Haram menguasai wilayah tersebut.

Kolera disebabkan bakteri yang ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri kolera menyebabkan diare akut, dan anak-anak adalah kelompok yang paling rentan terjangkit.

Nigeria, produsen minyak terbesar di Afrika, sering dilanda wabah penyakit karena beragam faktor, salah satunya minim infrastruktur.


(WIL)