Qatar Tolak Tuntutan, Negara-Negara Teluk akan Berdiskusi di Mesir

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Jul 2017 12:11 WIB
kisruh qatar
Qatar Tolak Tuntutan, Negara-Negara Teluk akan Berdiskusi di Mesir
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud dalam jamuan makan di rumah PM Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, 13 Maret 2017. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Riyadh: Arab Saudi dan negara-negara Teluk yang telah memutus hubungan diplomatik dengan Qatar akan menggelar pertemuan di Mesir, Rabu 5 Juli 2017. 

Seperti dilansir AFP, pertemuan dijadwalkan usai Qatar menolak memenuhi 13 poin tuntutan yang diberikan negara-negara Teluk. Salah satu tuntutan itu adalah meminta Qatar berhenti mendukung sejumlah grup teroris. 

Membantah semua tuduhan, Qatar memutuskan menolak tuntutan. Penolakan dilakukan usai negara-negara Teluk memperpanjang tenggat waktu pemenuhan tuntutan hingga 48 jam ke depan. 

Riyadh mengonfirmasi telah menerima respons dari Qatar, dan pihaknya beserta negara-negara lain akan merespons "di waktu yang tepat."

Menteri Luar Negeri dari empat negara Teluk akan bertemu di Kairo pada Rabu, pukul 11.00 waktu Mesir. Sebuah konferensi pers akan digelar setelah pertemuan. 

Menlu Qatar Syekh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani menyerahkan respons resmi dari negaranya terkait tuntutan ke Kuwait pada Senin lalu. Kuwait lalu menyerahkan respons itu ke Arab Saudi. 

Doha menegaskan tidak akan tunduk pada tegakan dan menyebut 13 poin tuntutan itu "tidak realistis dan tidak bisa dipenuhi."

"Ini semua bukan soal terorisme, tapi mengenai pembungkaman kebebasan berbicara," ungkap Syekh Mohammed terkait tuntutan. 

Negara-negara Teluk telah memutus akses udara, air dan darat ke Qatar. Arus barang-barang impor, termasuk makanan, ke Qatar otomatis terhenti sejak 5 Juni 2017.

 


(WIL)