PBB: 65,6 Juta Orang Telantar akibat Konflik dan Persekusi

Willy Haryono    •    Senin, 19 Jun 2017 15:12 WIB
pbb
PBB: 65,6 Juta Orang Telantar akibat Konflik dan Persekusi
Warga Suriah yang telantar berada di kamp pengungsian di desa Ain Issa, 10 Juni 2017. (Foto: AFP/DELIL SOULEIMAN)

Metrotvnews.com, New York: Konflik berdarah, aksi kekerasan dan persekusi di beberapa negara seperti Suriah dan Sudan Selatan membuat 65,6 juta orang terusir dari rumah mereka sendiri.

Data terbaru diungkapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dihimpun hingga akhir tahun lalu, Senin 19 Juni 2017,

Angka tersebut menandai lompatan sebesar 300 ribu dari akhir 2015, namun enam juta lebih tinggi dari penghujung 2014. "Ini merupakan angka tertinggi sejak kami menghimpun data-datanya," ucap Kepala UNHCR Filippo Grandi kepada awak media, seperti dilansir AFP.

"Dalam hitungan apapun, angka ini tidak dapat diterima, dan menyuarakan agar kita semua menunjukkan solidaritas dalam mencegah dan menyelesaikan berbagai krisis di dunia," lanjut dia. 

Dirilis menjadi Hari Pengungsi Dunia, angka terbaru PBB menunjukkan bahwa 10,3 juta orang melarikan diri dari rumah mereka masing-masing pada tahun lalu, termasuk 3,4 juta yang melintasi sejumlah perbatasan dan menjadi pengungsi.

Setiap Tiga Detik

"Ini artinya ada satu orang di dunia ini yang menjadi telantar setiap tiga detik. Waktunya jauh lebih cepat daripada yang dibutuhkan untuk membaca kalimat ini," ungkap UNHCR. 

Orang-orang yang terusir dari rumah dan negara sendiri disebut PBB sebagai orang telantar internal atau internally displaced peolpe (IDP). 

Pada akhir 2016, terdapat 40,3 juta IDP di dunia, turun sedikit dari 40,8 juta satu tahun sebelumnya. Suriah, Irak dan Kolombia menyumbang angka tertinggi IDP. 

Data UNHCR juga menunjukkan sekitar 22,5 juta orang -- separuh dari mereka anak-anak -- didaftarkan sebagai pengungsi tahun lalu. "Ini angka tertinggi yang pernah tercatat," sebut agensi pengungsian PBB tersebut.

Konflik berdarah yang sudah berjalan enam tahun di Suriah telah membuat 5,5 juta warganya mencari perlindungan ke negara lain. Angka ini membuat Suriah sebagai negara penyumbang pengungsi terbesar di dunia.


(WIL)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

41 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA