Presiden Palestina Masuk Rumah Sakit untuk Dioperasi

Willy Haryono    •    Selasa, 15 May 2018 19:09 WIB
palestina
Presiden Palestina Masuk Rumah Sakit untuk Dioperasi
Presiden Palestina dalam pidatonya di Ramallah, Tepi Barat, 22 Maret 2018. (Foto: AFP/Abbas Momani)

Ramallah: Presiden Palestina Mahmoud Abbas pergi ke rumah sakit pada Selasa 15 Mei 2018 untuk menjalani "operasi kecil" di bagian telinga.

Abbas tiba di sebuah rumah sakit dekat Ramallah di Tepi Barat. Kanto berita Wafa melaporkan, operasi akan berlangsung selama "beberapa jam."

Kesehatan Abbas yang merupakan seorang perokok kerap menjadi perbincangan di tengah masyarakat Palestina. Hingga kini, ia belum pernah mengindikasikan siapa tokoh yang cocok sebagai pengganti dirinya di masa mendatang.

Februari lalu, ia sempat diterbangkan ke Amerika Serikat (AS) untuk menjalani tes medis rutin.

Dalam beberapa bulan terakhir, Abbas memutus semua hubungan dengan pemerintahan AS di bawah Presiden Donald Trump. Pemutusan hubungan dilakukan usai Trump berencana memindahkan kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Menang pemilihan umum presiden pada 2005, Abbas gagal membawa partai Fatah memenangkan pemilu parlemen. Fatah kalah dari Hamas, kelompok penguasa Jalur Gaza.

Hasil pemilu parlemen sempat memicu ketegangan antar kedua kubu, yang berujung menjadi perang sipil pada 2007.

Sejak perang sipil itu, pemilu belum pernah digelar lagi dan Abbas terus berkuasa di Tepi Barat meski masa kepemimpinannya sudah berakhir pada 2009.


(WIL)