Pemerintah Qatar tak Membatasi Jumlah TKI

Sonya Michaella    •    Rabu, 30 May 2018 22:26 WIB
tki
Pemerintah Qatar tak Membatasi Jumlah TKI
Pertemuan KBRI Doha dengan Pemerintah Qatar. (Foto: Dok. KBRI Doha)

Doha: Pemerintah Qatar menyatakan tidak akan membatasi jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Qatar selama bisa bekerja sesuai keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan pasar tenaga kerja negara tersebut.

Meski moratorium TKI ke negara-negara Timur Tengah tengah diberlakukan namun masih ada sekitar 40 ribu TKI yang kini bekerja di Qatar.

"Kami masih mengapresiasi pemerintah Qatar yang memberlakukan UU tentang perlindungan tenaga kerja migran yang menjamin keluwesan dan perlindungan tenaga kerja asing," kata Duta Besar RI untuk Qatar Muhamad Basri Sidehabi dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Rabu 30 Mei 2018.

Pemerintah Indonesia berharap agar Qatar dapat memberikan kesempatan pada TKI untuk berperan serta dalam rangka persiapan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

"Indonesia akan melakukan mapping terhadap TKI agar dapat memenuhi peluang tenaga kerja di Qatar," tutur dia.

Berdasarkan catatan, jumlah WNI di Qatar mencapai 43 ribu. Dari jumlah tersebut 10 ribu di antaranya merupakan tenaga kerja terampil dan 30 ribu merupakan tenaga kerja informal. 

"Hanya 0,4 persen dari total jumlah TKI yang mengalami masalah di Qatar," tegas dia.

Lebih jauh Basri juga mengusulkan agar MoU Indonesia dan Qatar tahun 2008 mengenai tenaga kerja disesuaikan dengan aturan baru yang dikeluarkan Qatar.



(SCI)