Indonesia Resmi Buka Konsulat Kehormatan di Gambia

Sonya Michaella    •    Kamis, 17 May 2018 18:45 WIB
indonesia-gambia
Indonesia Resmi Buka Konsulat Kehormatan di Gambia
Penyematan badge Konhor RI oleh Dubes RI untuk Senegal. (Foto: Dok. KBRI Dakar)

Dakar: Konsulat Kehormatan Indonesia akhirnya dibuka di Gambia. Peresmian Konhor RI disaksikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Senegal Mansyur Pangeran.

Selain itu, Dubes Mansyur juga melantik Alieu Secka sebagai Konsul Kehormatan RI di Gambia. Secka juga menjabat sebagai CEO Kamar Dagang dan Industri Gambia, menurut keterangan tertulis dari KBRI Dakar kepada Medcom.id, Kamis 17 Mei 2018. 

Konsul Kehormatan nantinya berperan sebagai kepanjangan tangan Pemerintah RI diyakini akan banyak membantu KBRI Dakar dalam memperkuat kerja sama di berbagai bidang antara Indonesia dan Gambia.

Alieu Secka yang masih memiliki hubungan saudara dengan Wakil Presiden Gambia, Fatoumata Tambajang, memiliki akses yang luas ke instansi pemerintah bahkan hingga ke tingkat presiden. Ia juga selalu berperan aktif dalam membantu misi dan tugas KBRI Dakar ketika ada delegasi RI yang berkunjung ke Gambia. 

Selain itu, Secka adalah seorang manajer bisnis yang sukses dengan rekam jejak yang terbukti dalam kepemimpinan dan keterlibatan dengan pemerintah, sektor swasta dan lembaga internasional. Dalam karirnya selama 20 tahun, Alieu Secka telah mencapai tonggak penting dan memimpin transformasi penting di sektor swasta melalui advokasi positif dan tata kelola perusahaan.

Pengaruh Secka dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah RI guna mempromosikan kepentingan nasional RI untuk peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

Dubes Mansyur juga menegaskan agar dalam menjalankan tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai Konsul Kehormatan RI, hendaknya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 


(FJR)