Robert Mugabe Mundur dari Kursi Presiden Zimbabwe

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 22 Nov 2017 06:15 WIB
zimbabwe
Robert Mugabe Mundur dari Kursi Presiden Zimbabwe
Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. (Foto: AFP)

Harare: Robert Mugabe pada Selasa, 21 November 2017 waktu setempat akhirnya memutuskan mundur dari kursi Presiden Zimbabwe.

Mundurnya Mugabe tak lama setelah parlemen memulai proses pemakzulan yang ditujukan untuk mengakhiri era kekuasaannya selama hampir 40 tahun.

Sebelumnya, selama satu pekan presiden berusia 93 tahun itu bersikeras mempertahankan jabatannya setelah militer mengambil alih kekuasaan. Ia juga dipecat dari partai pimpinannya yang berkuasa yaitu ZANU-PF yang juga memintanya untuk melepaskan jabatan.

Dikutip dari Reuters, Rabu 22 November 2017, pengunduran diri Mugabe dirayakan meriah di parlemen ketika Ketua Parlemen Jacob Mudenda mengumumkan bahwa Presiden Zimbabwe itu sudah mundur. 

Dengan demikan, parlemen menghentikan proses pemakzulan. Jatuhnya kepemimpinan Mugabe yang tiba-tiba itu berawal dari persaingan di antara kalangan elit berkuasa di Zimbabwe yang ingin menggantinya. Bukan karena aksi-aksi unjuk rasa yang menentangnya.

Militer mengambil alih kekuasaan setelah Mugabe memecat sosok favorit ZANU-PF yaitu Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa yang ingin menggantikannya dan juga untuk membuka jalan bagi istri Mugabe, Grace,52, maju ke kursi kepresidenan.

Grace Mugabe dikenal oleh para penentangnya dengan sebutan "Gucci Grace" atas reputasinya yang kerap berbelanja barang-barang mewah.



 


(REN)