Tiga Pekan Ditahan karena Tuduhan Korupsi, Satu Pangeran Arab Bebas

Sonya Michaella    •    Rabu, 29 Nov 2017 09:10 WIB
arab saudi
Tiga Pekan Ditahan karena Tuduhan Korupsi, Satu Pangeran Arab Bebas
Pangeran Arab Saudi Miteb bin Abdullah. (Foto: BBC)

Riyadh: Pangeran Arab Saudi Miteb bin Abdullah akhirnya bebas setelah lebih dari tiga pekan ditahan karena tuduhan korupsi.

Pangeran Miteb, yang pernah dianggap sebagai salah seorang saingan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dibebaskan karena dianggap telah menyetujui sebuah 'penyelesaian yang dapat diterima'.

Kabarnya, Pangeran Miteb telah membayar sekitar USD1 miliar kepada pihak berwenang.

Dikutip dari BBC, Rabu 29 November 2017, Pangeran Miteb adalah salah satu dari 200 tokoh politik dan bisnis yang ditahan dalam pembersihan anti-korupsi sejak 4 November kemarin.

"Ya. Pangeran Miteb sudah dibebaskan pagi ini (Selasa waktu setempat)," kata seorang sumber pemerintahan.

Tiga orang lainnya juga dikabarkan turut bebas bersama dengan Pangeran Miteb.

Pangeran Miteb sendiri adalah sepupu dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan memimpin Garda Nasional elit Arab Saudi. Ia merupakan pangeran paling berpengaruh yang ditahan dalam pembersihan anti-korupsi tersebut.

Pembersihan tersebut merupakan yang terbaru dalam serangkaian langkah dramatis oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman demi menegaskan pengaruh Saudi secara internasional. Selain mengumpulkan lebih banyak kekuatan untuk dirinya sendiri di dalam negeri.

Namun, beberapa waktu lalu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi sempat menampik tudingan bahwa pembersihan ini untuk mengokohkan cengkeraman Arab Saudi secara internasional, melainkan memang Arab Saudi ingin memberantas korupsi. 


(FJR)