Gempa Bumi di Tanzania Tewaskan 13 Orang

Willy Haryono    •    Minggu, 11 Sep 2016 09:09 WIB
gempa bumi
Gempa Bumi di Tanzania Tewaskan 13 Orang
Grafik yang menunjukkan aktivitas gempa bumi. (Foto: AFP/SAM YEH)

Metrotvnews.com, Bukoba: Sedikitnya 13 orang tewas dan 203 lainnya terluka setelah gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) mengguncang Tanzania, Sabtu (10/9/2016). 

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan episenter gempa terletak sekitar 25 kilometer dari kota Nsunga. 

"Korban tewas bertambah dari 11 menjadi 13, dan luka dari 192 menjadi 203," kata Deodatus Kinawilo, komisioner distrik di Bukoba, kota yang terletak dekat episenter gempa. 

"Saat ini situasi sudah relatif tenang. Sejumlah korban luka sudah boleh meninggalkan rumah sakit," tambah dia kepada kantor berita AFP

Warga Bukoba menyebut beberapa rumah roboh akibat gempa. Augustine Ollomi, kepala kepolisian provinsi Kagera, mengatakan operasi penyelamatan di distrik Bukoba masih berlangsung hingga saat ini. 


Gempa mengguncang Bukoba, Tanzania. (Foto: USGS)

Seorang koresponden AFP di kota Dar es Salaam mengatakan sepuluh rumah keluarganya di Bukoba roboh akibat gempa. 

"Kakak saya sedang mengemudi di kota, tiba-tiba dia merasakan tanah bergetar dan orang-orang berlarian serta beberapa gedung runtuh," kata dia. 

Gempa mengguncang seluruh provinsi Kagera. Sebagian wilayah Mwanza juga ikut merasakan getaran, namun tidak terkena imbas kerusakan. 

Guncangan juga terasa hingga ke Rwanda, Burndi, Uganda dan Kenya. "Dinding rumah saya dan juga kulkas serta lemari bergetar," tutur seorang koresponden AFP di Kampala, ibu kota dari Uganda. 


(WIL)