Dubes Helmy: Tidak Ada WNI Jadi Korban Ledakan di Sinai

Willy Haryono    •    Jumat, 24 Nov 2017 21:37 WIB
ledakankonflik mesirledakan mesir
Dubes Helmy: Tidak Ada WNI Jadi Korban Ledakan di Sinai
Sejumlah ambulans membawa para korban dari lokasi kejadian ke beberapa rumah sakit terdekat di Sinai, Mesir, 24 November 2017. (Foto: AFP)

Kairo: Serangan teror kembali melanda Mesir, tepatnya di kawasan Sinai yang merupakan sarang dari militan terafiliasi Islamic State (ISIS). Dalam serangan terbaru di sebuah masjid di Sinai, Jumat 24 November 2017, sedikitnya 155 orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

Detail dari para korban tewas dan luka belum diketahui. 

"Hingga sejauh ini tak ada WNI jadi korban serangan teror di kota El Arish Mesir pada Jumat ini," ucap Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi dalam pesan singkat kepada Metrotvnews.com

Saluran televisi nasional Mesir melaporkan ledakan terjadi di masjid al-Rawdah di Bir al-Abed, sebelah barat dari kota el-Arish. 

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi langsung menggelar rapat darurat tak lama setelah terjadinya ledakan.

Ia juga mendeklarasikan hari berkabung nasional hingga tiga hari ke depan. 

Sejumlah ambulans membawa para korban dari lokasi kejadian ke beberapa rumah sakit terdekat.

Seorang sumber dari militer Mesir memberitahu kepada Guardian bahwa militan yang mengendarai beberapa mobil off-road mendekati masjid di penghujung ibadah salat Jumat. Militan bersenjata kemudian melepaskan tembakan ke arah jemaah. 

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Bir al-Abed, namun diduga kuat dilakukan ISIS atau para simpatisannya.

September lalu, sedikitnya 18 polisi tewas dalam serangan terhadap sebuah konvoi dekat el-Arish oleh militan terafiliasi ISIS. 


(WIL)