Tiga Rumah Sakit di Suriah Selatan Rusak Parah Usai Dibom

Arpan Rahman    •    Kamis, 28 Jun 2018 15:46 WIB
krisis suriahkonflik suriah
Tiga Rumah Sakit di Suriah Selatan Rusak Parah Usai Dibom
Posisi pihak pasukan opisisi kerap diserang oleh pasukan Pemerintah Suriah (Foto: AFP).

Damaskus: Serangan udara tak dikenal melancarkan pengeboman atas tiga rumah sakit di Suriah selatan semalam. Serbuan itu dilaporkan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), Rabu 27 Juni.
 
SOHR yang berbasis di Inggris itu mengatakan rumah-rumah sakit tersebut berada di Saida, Jizah, dan Musayfira. Semua daerah itu dikuasai oleh pasukan oposisi di dekat perbatasan Yordania.
 
SOHR percaya pasukan pemerintah Suriah yang didukung militer Rusia bertanggung jawab. Sementara jumlah korban tidak dilaporkan.
 
"Rumah sakit Saida tutup setelah tengah malam, karena serangan udara tak dikenal di dekat fasilitas itu," kata kepala SOHR Rami Abdel Rahman kepada Albawaba.
 
"Rumah sakit di al-Jiza rusak pagi ini. Ada serangan udara Rusia di dekat rumah sakit, yang merusaknya dan membuatnya tidak berfungsi," cetusnya, seperti dilansir UPI, Kamis 28 Juni 2018.
 
Hingga 50.000 orang telah mengungsi di daerah itu selama sepekan terakhir karena pertempuran.
 
Harian Washington Post melaporkan serangan didukung oleh militer Rusia dan tujuannya untuk merebut kembali wilayah yang dikuasai oposisi bukan di bawah perlindungan Amerika Serikat (AS) atau Israel.


(FJR)