Debu Gurun Sahara Diperkirakan Menyeberang ke Pesisir AS

Arpan Rahman    •    Jumat, 29 Jun 2018 14:39 WIB
pemilu afrika
Debu Gurun Sahara Diperkirakan Menyeberang ke Pesisir AS
Ilustrasi gurun (Foto:Medcom/M Rizal)

Texas: Sebuah ramalan meteorologi menyebutkan debu dari Gurun Sahara mungkin akan menuju Negara Bagian Texas, Amerika Serikat pada akhir pekan ini. 

Komisi Texas untuk Kualitas Lingkungan (TCEQ) menyebutkan, kumpulan debu tersebut diperkirakan akan menyebar lebih jauh ke daratan dari wilayah pesisir pada Sabtu nanti.

TCEQ memperingatkan debu bisa menaikkan indeks kualitas udara harian menjadi moderat di beberapa bagian Austin, Beaumont-Port Arthur, Brownsville-McAllen, Corpus Christi, Dallas-Fort Worth, Houston, Laredo, Lubbock, San Antonio, Tyler-Longview, Area Victoria, dan Waco-Killeen.

Penduduk yang tinggal di dekat pantai mungkin akan mendapati langit yang berkabut sebagai akibat dari debu, The Weather Channel melaporkan, seperti dilansir UPI, Kamis 28 Juni 2018.

Debu Sahara bergerak dari Afrika ke Laut Karibia, Florida, dan Teluk Meksiko beberapa kali setiap tahun dan dapat menghambat perkembangan badai tropis dengan menciptakan downdraft (aliran udara ke bawah yang menyelimuti suatu lingkungan) di sekitar sistem badai.

Gelombang debu saat ini berarak dari Afrika ke Kepualauan Karibia.

Model perkiraan terbaru NASA menunjukkan bagian paling barat dari kumpulan debu telah mencapai Semenanjung Yucatan, Meksiko, dan pesisir Texas.

 


(WAH)