PBB Kecewa AS Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 09 May 2018 08:18 WIB
nuklir iran
PBB Kecewa AS Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres - AFP.

New York: Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mendesak pihak-pihak yang bersepakat dalam nuklir Iran (JCPOA) berkomitmen penuh. Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan AS menarik diri dari kesepakatan itu. 

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengaku prihatin atas keputusan Trump. Menurut dia, penting bahwa semua keprihatinan menyangkut penerapan rencana itu disampaikan melalui mekanisme yang telah dibentuk dalam JCPOA.

"Masalah-masalah yang tidak terkait langsung dengan JCPOA harus disampaikan tanpa prasangka untuk menjaga kesepakatan dan pencapaiannya," kata Guterres dilansir dari Reuters, Rabu 9 Mei 2018.

Sebelumnya, AS menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, yaitu perjanjian bersejarah yang dicapai pada 2015. Trump tidak akan menandatangani surat pelepasan sanksi-sanksi atas Iran terkait nuklir.

Trump mengulang sikap tegasnya soal kesepakatan tersebut, yang dianggapnya gagal mencegah Iran mengembangkan senjara nuklir atau mendukung terorisme di kawasan.

Gedung Putih bersikeras untuk mengambil keputusan itu kendati Trump mengakui dalam pidatonya bahwa Iran telah mematuhi kesepakatan.

(Baca juga: Iran Tetap Mematuhi Kesepakatan Nuklir)




(REN)