Livestreaming

Lakukan Protes, Warga Palestina Ditembak Mati Militer Israel

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 10 Sep 2016 08:12 WIB
palestina israel
Lakukan Protes, Warga Palestina Ditembak Mati Militer Israel
Warga Palestina meratapi kematian korban yang ditembak militer Israel (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Gaza: Seorang pemuda Palestina tewas dalam aksi protes di dekat perbatasan Israel-Palestina di Gaza. Pemuda Palestina itu tewas ditembak pasukan Israel.
 
Aksi protes ini berujung dengan pelemparan batu. Namun pihak militer Israel menegaskan prajurit tidak bertanggungjawab dalam kejadian ini.
 
"Abdel-Rahman Al-Dabbagh tewas karena peluru prajurit Israel yang menembus kepalanya, saat terjadi kerusuhan di perbatasan Gaza," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan Ashraf Al-Qidra, seperti dikutip Reuters, Sabtu (10/9/2016).
 
Militer Israel menegaskan bahwa hal ini berlangsung ketika prajurit mereka mengatasi aksi kekerasan di wilayah perbatasan. Pihak Israel mengaku hanya menggunakan gas air mata.
 
"Puluhan pelaku protes mendekati wilayah terlarang dan mencoba merusak pagar keamanan. Pasukan yang ditempatkan di perbatasan menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa," pernyataan militer Israel.
 
"Menyusul penyelidikan awal, pasukan keamanan Israel dilaporkan tidak melakukan penembakan," lanjutnya.
 
Kekerasan yang terjadi di Tepi Barat sejak Oktober lalu telah menewaskan 210 warga Palestna. Israel mengatakan 141 dari warga Palestina itu adalah pelaku penyerangan, sisanya meninggal dalam bentrokan dan protes.



(FJR)