Israel Bangun Tembok Baru Tutup Wilayah Selatan Tepi Barat

Fajar Nugraha    •    Kamis, 03 Aug 2017 13:25 WIB
palestina israel
Israel Bangun Tembok Baru Tutup Wilayah Selatan Tepi Barat
Tembok pembatas yang dibangun Israel (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Tepi Barat: Kementerian Pertahanan Israel mengatakan, sudah merampungkan tembok pembatas baru di wilayah Tepi Barat. Tembok itu dibangun hingga sepanjang 42 kilometer (km).
 
"Pagi ini, kementerian pertahanan memasang tembok beton terakhir. Tembok itu merampungkan pembangunan pembatas mulai dari sebuah desa di Palestina, Tarkumia hingga perbatasan Israel yang berseberangan dengan pemukiman Meitar," ujar pernyataan Kementerian Pertahanan Israel, seperti dikutip AFP, Kamis 3 Agustus 2017.
 
Rencananya tembok pembatas itu akan dibangun sepanjang 712 kilometer. Tembok dibuat dari beton yang dilengkapi pagar kawat berduri, parit dan jalanan militer tertutup.
 
Berdasarkan pernyataan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), meskipun pembangunan tembok pembatas dikecam, hingga saat ini sekitar 214 kilometer tembok itu sudah dibangun.
 
Israel berdalih bahwa pembangunan tembok pembatas sangat penting bagi keamanan mereka. Palestina justru melihatnya sebagai cara Israel untuk mencaplok wilayah yang akan dijadikan wilayah Palestina merdeka.
 
Dalam keputusan tidak berkekuatan hukum, Mahkamah Internasional atau International Court of Justice (ICJ) mengeluarkan putusan pada 2004 bahwa tembok itu ilegal. Seperti PBB, tembok pembatas yang dibangun sejak 2002 didesak untuk dibongkar.
 
Maret lalu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memerintahkan parit di wilayah Tarkumia ditutup. Hal ini guna mencegah peningkatan serangan warga Palestina ke dalam wilayah Israel.



(FJR)