Ribuan Turis Inggris Terjebak di Mesir

Willy Haryono    •    Minggu, 08 Nov 2015 10:57 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Ribuan Turis Inggris Terjebak di Mesir
Turis Inggris berada di kawasan resor Sharm el-Sheikh, Mesir, Sabtu (7/11/2015). (Foto: AFP/MOHAMED EL-SHAHED)

Metrotvnews.com, Sharm el-Sheikh: Ribuan wisatawan asal Inggris terjebak di area resor Sharm el-Sheikh, Mesir, seiring jalannya investigasi pesawat maskapai Rusia yang jatuh di Sinai. 

Inggris membekukan semua penerbangan ke Sharm el-Sheikh pada Rabu, setelah menyebut ledakan bom kemungkinan besar telah menjatuhkan pesawat maskapai Kogalymavia dengan nomor penerbangan 7K9268. Semua penumpang dan kru 7K9268 dengan jumlah total 224 meninggal dunia. 

Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya 7K9268. 

Sembilan penerbangan asal Inggris akan memulangkan sekitar 1500 turis yang terjebak. Maskapai itu terdiri dari dua pesawat easyjet, dua Monarch, dua Thomson, dua Thomas Cook dan satu British Airways. 

London mengingatkan akan ada sejumlah turis yang masih harus menunggu lebih lama di Sharm el-Sheikh.

"Dengan jumlah penerbangan yang terbatas, kemungkinan besar penyedia jasa tur atau maskapai akan menyarankan turis untuk memperpanjang kunjungan mereka di resor," ujar seorang juru bicara pemerintah Inggris, seperti dilansir AFP, Sabtu (7/11/2015).

"Penyedia jasa tur dan maskapai akan memastikan bahwa, saat orang harus memperpanjang kunjungannya di resor, semua biaya tambahan akan ditanggung," sambungnya. 

Saat ini ada sekitar 20 ribu warga Inggris di Sharm el-Sheikh. Proses repatriasi diperkirakan memakan waktu hingga berhari-hari. 


(WIL)