Pemilihan Presiden Turki Sudah Dimulai

Annisa ayu artanti    •    Senin, 25 Jun 2018 04:06 WIB
turki
Pemilihan Presiden Turki Sudah Dimulai
Euforia pemilu Turki sudah sangat terasa (Foto: AFP).

Ankara: Turki mulai menggelar pemilihan presiden dan parlementer. Warga mulai memberikan suaranya sejak pukul 08.00 waktu setempat.

Dikutip dari Xinhua, sebanyak 59 juta warga Turki akan memberikan suaranya pada 180.000 kotak suara yang disebar ke seluruh wilayah di negara tersebut.

Pemungutan suara ditutup pada pukul 05.00 dan kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara. Pemilihan suara ini akan mengantarkan Turki menuju era baru dalam sejarah politiknya.

Sebab, Turki akan menggunakan sistem presidential dan parlementer. Pada 16 April 2017 lalu, referendum konstitusi menyetujui perubahan yang memperluas kekuasaan presiden Turki.

Delapan partai politik dalam pemilihan parlemen dan enam kandidat presiden berpartisipasi, termasuk presiden saat ini Recep Tayyip Erdogan mencalonkan diri sebagai presiden. Presiden dipilih langsung oleh rakyat.

Jika tidak ada kandidiat yang memperoleh lebih dari 50 persen suara pada putaran pertama, maka akan dilangsungkan pemilihan putaran kedua pada 8 Juli. Sementara itu, untuk pemilihan anggota parlemen dipilih hanya satu kali putaran.

Anggota parelemen itu bakal disiapkan untuk 81 provinsi. 600 kursi telah dialokasikan secara proporsional dengan jumlah suara yang diterima calon anggota parlemen.


(JMS)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

8 hours Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA