PM India: Fidel Castro Tokoh Paling Ikonik

Sonya Michaella    •    Sabtu, 26 Nov 2016 14:57 WIB
fidel castro wafat
PM India: Fidel Castro Tokoh Paling Ikonik
Fidel Castro (Foto: Guardian)

Metrotvnews.com, New Delhi: Belasungkawa atas meninggalnya mantan presiden Kuba, Fidel Castro berdatangan dari seluruh penjuru dunia, tak terkecuali dari Perdana Menteri India, Narendra Modi.

"Fidel Castro adalah salah satu tokoh yang paling ikonik dari abad ke-20. India berduka atas meninggalnya Castro," ucap PM Modi, seperti dikutip Guardian, Sabtu (26/11/2016).

"Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada pemerintah dan rakyat Kuba. Semoga jiwanya beristirahat dalam damai," lanjutnya lagi.

Mengutip dari Guardian, para pemimpin dunia pun mempunyai pandangan tersendiri untuk ikon revolusi Kuba ini.

John F. Kennedy, 1962
Castro tak lain adalah diktator Amerika Latin. Ambisinya sangat besar.

Hugo Chavez, 2007
Castro, bagi saya, adalah guru. Orang bijak tak pernah mati. Orang seperti Castro tidak pernah mati, karena ia akan selalu menjadi bagian dari orang-orang.

Nelson Mandela, 2001
Revolusi Kuba telah menjadi sumber insipirasi bagi semua orang yang menghargai kebebasan. Kami mengagumi pengorbanan rakyat Kuba dalam mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan mereka.

Castro wafat di usia 90 tahun pada Jumat 25 November waktu setempat.

Ia adalah Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Dengan jangka waktu jabatannya tersebut, Castro memimpin Kuba selama lima dekade dan menjadi kepala negara paling lama berkuasa ketiga, setelah Ratu Elizabeth dan Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

 


(AHL)