ISIS Rilis Foto Bom yang Jatuhkan Pesawat Rusia

Fajar Nugraha    •    Kamis, 19 Nov 2015 13:55 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
ISIS Rilis Foto Bom yang Jatuhkan Pesawat Rusia
Puing pesawat Rusia yang jatuh di Mesir (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kairo: Kelompok militan Islamic State (ISIS) merilis sebuah foto yang diklaim sebagai bom. Bom itu diklaimnya menjatuhkan pesawat penumpang Rusia di Mesir Oktober lalu.

Penguakan dari ISIS itu dilakukan setelah Rusia dan Prancis melancarkan serangan besar-besaran di wilayah pertahanan ISIS di Suriah.

Foto berupa kaleng minuman dan beberapa materi lainnya, dirilis oleh ISIS melalui majalah internet yang berbahasa Inggris. Di antara kaleng minuman itu terdapat materi yang diduga sebagai bom. Demikian diberitakan Associated Press, Kamis (19/11/2015).

Pesawat milik maskapai Metrotjet jatuh di Gurun Sinai setelah lepas landas dari lokasi wisata Sharm el-Sheikh. Pesawat berjenis Airbus A321-200 itu dalam perjalanan menuju St. Petersburg, Rusia dan menewaskan 224 orang yang sebagian besar adalah wisatawan Rusia.

Dalam rilis fotonya, ISIS mengaku, "menemukan cara untuk mengkompromi keamanan di Bandara Internasional Sharm el-Sheikh".

Selain itu, ISIS dalam keterangannya pada awalnya bermaksud untuk menjatuhkan sebuah pesawat dari salah satu negara yang turut serta dalam koalisi serangan udara pimpinan AS ke Suriah. Namun mereka mengubah targetnya, setelah Rusia mulai serangan udaranya ke Suriah pada September.

Kelompok ekstrimis ini juga merilis foto dari paspor yang diyakini dimiliki oleh penumpang yang tewas dalam penerbangan Metrojet.


(FJR)