Ethiophia Airlines Tertarik Beli Pesawat Buatan Indonesia

Sonya Michaella    •    Kamis, 09 Aug 2018 14:53 WIB
Indonesia-Ethiopia
Ethiophia Airlines Tertarik Beli Pesawat Buatan Indonesia
Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir bersama CEO Ethiopia Airlines Tewolde Gebremariam di Addis Ababa (Foto: Dok.Kemenlu RI).

Addis Ababa: Setelah membuka jalur penerbangan ke Jakarta, kini Ethiopia Airlines berminat untuk membeli pesawat buatan Indonesia.
 
Baca juga: Indonesia Tawarkan Pembangunan Infrastruktur Rel Kereta ke Ethiopia.
 
Bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir, CEO Ethiopia Airlines Tewolde Gebremariam juga mengajak Indonesia berpartisipasi dalam pembangunan sejumlah infrastruktur terkait penerbangan, seperti bandara, hangar, dan fasilitas lainnya di Ethiopia dan negara Afrika lainnya.
 
Melalui keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI kepada Medcom.id, Kamis 8 Agustus 2018, pesawat produksi Indonesia yang nantinya dibeli Ethiopia akan digunakan untuk penerbangan domestik.
 
Dalam pertemuan tersebut juga dibahas sejumlah upaya konkret untuk meningkatkan keeja sama dengan Ethiopia dan Afrika secara keseluruhan dengan memanfaatkan jalur penerbangan Addis Ababa-Jakarta.
 
Wamenlu Fachir menyampaikan bahwa salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah promosi mengenai Indonesia melalui flyer dan video singkat soal wisata Indonesia dalam penerbangan Ethiopia Airlines, khususnya rute menuju Jakarta.
 
Selain itu, Wamenlu Fachir juga ingin menjajaki kemungkinan pemanfaatan kargo Ethiopia Airlines untuk mengangkut komoditas ekspor Indonesia ke Ethiopia dan didistribusikan ke seluruh negara Afrika.
 
Ethiopia Airlines merupakan maskapai nasional Ethiopia yang didirikan sejak tahun 1945 dan dimiliki sepenuhnya oleh Pemerintah Ethiopia. Maskapai ini telah menjadi salah satu maskapai terbesar di Afrika dengan lebih dari 115 destinasi internasional.


(FJR)