Guatemala Resmikan Kedubes di Yerusalem Hari Ini

Sonya Michaella    •    Rabu, 16 May 2018 12:26 WIB
palestina israel
Guatemala Resmikan Kedubes di Yerusalem Hari Ini
Perayaan menjelang pembukaan kedubes Guatemala di Yerusalem. (Foto: Twitter Wali Kota Yerusalem Nir Barkat)

Yerusalem: Setelah Amerika Serikat (AS), hari ini giliran Guatemala akan meresmikan kedutaan besarnya di Yerusalem. Kabarnya, peresmian akan dilaksanakan pada pukul 10 pagi waktu setempat.

Presiden Guatemala Jimmy Morales dipastikan akan hadir dalam peresmian ini didampingi oleh Menteri Luar Negeri Guatemala Sandra Jovel serta dihadiri pula Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Setelah itu, pertemuan bilateral antara keduanya akan digelar sore hari usai peresmian kedubes.

Dikutip dari Times of Israel, Rabu 16 Mei 2018, Guatemala adalah negara pertama yang mengikuti jejak AS memindahkan kedubesnya ke Yerusalem.

Baca juga: Ikuti AS, Guatemala Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Awal bulan ini pun staf diplomatik dari Kemenlu Guatemala mulai memindahkan perabotan dan peralatan lainnya ke lokasi baru yang terletak di Malha Park.

"Dukungan Guatemala ini bukti dukungan kami untuk orang-orang Israel," kata Morales, saat ia mengumumkan pemindahan kedubes, Maret lalu. 

Tak heran jika Guatemala mendukung AS. Pasalnya, Guatemala adalah salah satu negara yang mendapatkan bantuan dari Negara Adi Daya tersebut.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump sempat mengancam akan memotong dana bantuan kepada negara-negara yang mendukung resolusi PBB untuk menolak keputusan AS soal Yerusalem.

Pada 1959, Guatemala sebenarnya telah membuka kedubesnya di Yerusalem. Namun karena kerap terjadi bentrokan di Gaza, mereka memindahkan kedubes ke Tel Aviv.



(WIL)


62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

21 hours Ago

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menewaskan 62 anggota kelompok militan Al-Shabab…

BERITA LAINNYA