100 Kura-Kura Dicuri dari Kepulauan Galapagos

Arpan Rahman    •    Senin, 08 Oct 2018 10:20 WIB
satwahewan dilindungi
100 Kura-Kura Dicuri dari Kepulauan Galapagos
Kura-kura rakasasa Galapagos. (Foto: AFP/PABLO COZZAGLIO)

Galapagos: Lebih dari 100 anak kura-kura raksasa dicuri sekelompok orang dari sebuah fasilitas pengembangbiakan hewan di Kepulauan Galapagos, Ekuador. Otoritas setempat menyebut peristiwa ini sebagai perampokan.

"Mereka semua diambil begitu saja, totalnya ada 123," ucap politikus lokal, Washington Paredes, seperti dilansir dari kantor berita Sky News, belum lama ini.

Kura-kura Galapagos adalah hewan asli dari deretan tujuh Pulau Galapagos -- terletak sekitar 1.000 kilometer dari daratan utama Ekuador.

Paredes menyebut fasilitas pengembangbiakan di Galapagos memang tidak dilindungi dengan baik. Di sana, tidak ada kamera pengawas maupun sensor cahaya.

"Jika seseorang datang pada malam hari dan mencuri kura-kura, mereka akan dengan mudah melakukannya," sebut Paredes.

Juni lalu, 26 kura-kura dewasa dikembalikan ke Pulau Galapagos usai sempat diselundupkan ke Peru.

Bisa hidup hingga 170 tahun, kura-kura raksasa Galapagos adalah spesies terbesar dari famili hewan tersebut. Kura-kura jenis ini telah dijadikan sebagai simbol biodiversitas Kepulauan Galapagos.

Para penjelajah asal Spanyol yang menemukan deretan pulau pada abad ke-16 menamakannya sebagai Galapagos. Dalam bahasa Spanyol, Galapao artinya adalah "kura-kura."


(WIL)