Patroli Polisi Arab Saudi Diserang, Satu Orang Tewas

Willy Haryono    •    Senin, 31 Jul 2017 11:44 WIB
arab saudi
Patroli Polisi Arab Saudi Diserang, Satu Orang Tewas
Dua aparat kepolisian Arab Saudi. (Foto: Middle East Monitor)

Metrotvnews.com, Riyadh: Seorang polisi tewas dan enam lainnya terluka saat mereka diserang sekelompok pria bersenjata di kota Awamiya, Arab Saudi timur, Minggu 30 Juli 2017 pagi waktu setempat. 

Sejak Mei, sejumlah polisi tewas di kota tersebut yang didominasi Muslim Syiah. Kematian mulai terjadi saat otoritas meruntuhkan banyak bangunan di Awamiya agar militan tidak dapat bersembunyi. 

Sedikitnya lima orang di Awamiya tewas dalam dua hari terakhir pada pekan lalu, saat pasukan keamanan menggelar operasi memburu para terduga militan. 

Dalam serangan terbaru, seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), patroli polisi menghadapi "serangan teroris yang menggunakan proyektif ledak" di dekat area al-Musawara di Awamiya. 

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyebut enam korban luka berada dalam kondisi stabil di rumah sakit. 

Masyarakat Awamiya mengatakan baku tembak antara pasukan keamanan dan terduga militan memaksa banyak warga dan ekspatriat melarikan diri. 

Awamiya dilanda pemberontakan dan serangan bersenjata terhadap pasukan keamanan sejak unjuk rasa "Arab Spring" pada 2011. Warga Awamiya mengaku diperlakukan tidak adil oleh pemerintah. Riyadh membantahnya. 

Otoritas Arab Saudi mengaku berencana mengubah kondisi area al-Musawara yang sudah berumur 200 tahun menjadi distrik modern.


(WIL)