Helikopter Rombongan Polisi dan Pejabat Turki Jatuh, 14 Tewas

Willy Haryono    •    Selasa, 18 Apr 2017 19:32 WIB
kecelakaan helikopter
Helikopter Rombongan Polisi dan Pejabat Turki Jatuh, 14 Tewas
Sebuah helikopter polisi terbang di Turki barat, 20 Februari 2017. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tunceli: Sebuah helikopter berisi rombongan polisi dan pejabat senior Turki jatuh di wilayah tenggara negara tersebut, Selasa 18 April 2017. 

Menurut sejumlah laporan awal, seperti dikutip presstv.ir, sedikitnya 14 orang tewas dalam kecelakaan tersebut. Sejumlah sumber menyebut terdapat dua hakim dan tujuh polisi di helikopter tersebut, sementara sisanya adalah kru. 

Laporan lain di media lokal menyebut delapan polisi tewas dalam kecelakaan. Lokasi insiden dilaporkan berada di antara distrik Pulumur dan Ovacik.

Sebuah unit militer berisi staf dari Otoritas Manajemen Darurat dan Bencana Turki (AFAD), dikerahkan ke lokasi kejadian untuk operasi pencarian dan penyelamatan. 

Hingga saat ini belum ada laporan resmi pemerintah mengenai penyebab kecelakaan. Media lokal melaporkan hujan deras dan kabut tebal sebagai faktor utama penyebab jatuhnya helikopter. 

Turki bagian tenggara telah mengalami periode darurat sejak dua tahun terakhir. Di wilayah tersebut, pasukan keamanan dan pejabat yudisial Turki kerap menjadi target serangan militan Partai Pekerja Kurdi (PKK).

Serangan meningkat sejak Ankara meluncurkan operasi pembasmian PKK dalam skala masif. 

Militer Turki mengatakan ribuan militan tewas dalam operasi pemerintah Turki. Partai-partai pro PKK membantah pernyataan pemerintah, dan mengatakan sebagian besar yang tewas adalah warga sipil.


(WIL)