Koalisi Arab Saudi Bunuh 8 Militan Hizbullah di Yaman

Willy Haryono    •    Selasa, 26 Jun 2018 14:27 WIB
konflik yamanarab saudi
Koalisi Arab Saudi Bunuh 8 Militan Hizbullah di Yaman
Pesawat jet tempur Arab Saudi. (Foto: AFP)

Riyadh: Koalisi militer pimpinan Arab Saudi mengaku telah membunuh delapan anggota grup militan Hizbullah dalam sebuah serangan udara di Yaman utara.

Delapan orang itu adalah bagian dari 41 militan yang tewas dalam gempuran di dekat perbatasan Arab Saudi.

"Empat puluh satu elemen teroris di Maran tewas dan sejumlah kendaraan serta peralatan militernya juga sudah dihancurkan. Dari mereka yang tewas, ada delapan anggota Hizbullah, termasuk seorang komandan," ujar juru bicara koalisi Arab Saudi, Kolonel Turki al-Maliki, seperti dilansir dari AFP, Senin 25 Juni 2018.

Maran berada di provinsi Saada, markas besar dari pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Ini merupakan pengumuman kali pertama dari koalisi Arab Saudi mengenai kematian dari militan Hizbullah di Yaman. Meski demikian, Maliki mengatakan kepada AFP bahwa ini bukanlah "yang pertama kalinya."

Selama ini, koalisi Arab Saudi menuduh Iran memasok persenjataan terhadap Houthi di Yaman. Namun Iran, yang juga pendukung Hizbullah, berulang kali membantah tuduhan tersebut.

Dalam sebuah konferensi pers di Riyadh, Maliki mengatakan para militan Hizbullah itu adalah bagian dari sebuah grup yang sedang bertolak menuju perbatasan Arab Saudi. Kehadiran mereka berhasil terdeteksi jaringan pengintaian koalisi.

"Anggota teroris dari Hizbullah dan rezim Iran berusaha membantu pemberontak meluncurkan misil balistik dan juga melatih mereka dalam pertempuran," kata Maliki.

"Baik Iran maupun Hizbullah harus berhenti mengirim pakar militer mereka ke Yaman," lanjut dia.


(WIL)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

10 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA