Turis Tewas Diserang Hiu saat Berenang di Laut Merah

Arpan Rahman    •    Senin, 06 Aug 2018 21:00 WIB
ikan hiu
Turis Tewas Diserang Hiu saat Berenang di Laut Merah
Serangan hiu terhadap manusia terjadi dari waktu ke waktu di berbagai belahan dunia. (Foto: AFP)

Kairo: Seorang turis tewas diserang seekor ikan hiu saat berenang di Laut Merah di lepas pantai Mesir.

Media lokal melaporkan bahwa sesosok jasad manusia ditemukan mengambang di sebuah pantai di resor wisata populer Marsa Alam.

Ketua Dewan Kota Marsa Alam, Jenderal Atef Wagdy, mengatakan korban adalah seorang warga negara Republik Ceko.

"Pria itu tewas akibat serangan hiu," ujar Wagdy. Kementerian Kesehatan Mesir sedang mengkoordinasikan penyerahan jenazah ke kedutaan Republik Ceko.

Korban yang berusia 41 tahun diketahui sedang berlibur di pantai bersama istri dan anak-anaknya.

"Kementerian Lingkungan Hidup Mesir juga sudah membentuk komite untuk menyelidiki kematian tersebut dan akan mengeluarkan laporan," sebut Wagdy, seperti dilansir dari Metro.co.uk, Senin 6 Agustus 2018.

Marsa Alam menarik perhatian para penyelam untuk menikmati keindahan karang dan kehidupan laut lainnya, termasuk hiu serta beragam ikan lainnya.

Wagdy mengatakan selama ini 'tidak ada masalah dalam penyelamatan' di sekitar Marsa Alam. Namun ia mengingatkan perairan dalam di luar karang sebagai area rentan serangan hiu.

Pada 2015, hiu membunuh seorang turis Jerman di lepas pantai Laut Merah Mesir. serangan tersebut menandai kematian pertama dalam lima tahun terakhir.

Terjadi enam serangan hiu yang tercatat di perairan Mesir pada 2010, termasuk lima dalam lima hari berturut-turut. 

Serangan hiu pada 2010 memaksa pemerintah Mesir menutup hamparan pantai di resor Sharm el-Sheikh selama sepekan. Pada 2017, Mesir menerima 8,3 juta wisatawan, melonjak 54 persen dari 5,4 juta satu tahun sebelumnya.


(WIL)