Paus Fransiskus Doakan Pertemuan Trump-Kim Membawa Perdamaian

Eko Nordiansyah    •    Senin, 11 Jun 2018 06:26 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Paus Fransiskus Doakan Pertemuan Trump-Kim Membawa Perdamaian
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. AFP/Kementerian Komunikasi Singapura.

Vatikan: Paus Fransiskus berharap pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membawa persahabatan. Ia ingin pembicaraan yang berlangsung di Singapura itu menawarkan perdamaian di Semenanjung Korea. 

"Saya ingin, sekali lagi, menawarkan kepada rakyat Korea tercinta akan pemikiran utama tentang persahabatan dan doa agar pembicaraan pada beberapa hari ke depan di Singapura bisa memberi iuran untuk perkembangan jalan menjamin terciptanya masa depan damai bagi Semenanjung Korea dan seluruh dunia," kata Paus Fransiskus dalam pidato dilansir dari Reuters, Senin, 11 Juni 2018.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mendarat di Singapura pada Minggu menjelang pertemuan bersejarah dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam perundingan untuk menghentikan program nuklir Pyongyang dan mengubah negara miskin di Asia tersebut.

Pokok bahasan pada pertemuan ini adalah program senjata nuklir Korea Utara dan perdamaian di Semenanjung Korea. Korea Utara menghabiskan puluhan tahun untuk mengembangkan senjata nuklir yang kemudian berpuncak pada uji coba peralatan termonuklir pada tahun lalu. Mereka juga berhasil mencoba rudal yang mampu terbang menyasar daratan Amerika Serikat.

Sejak bermusuhan pada Perang Korea 1950-1953, pemimpin dari kedua negara tidak pernah bertemu atau bahkan berbincang melalui telepon.

Kim dan Trump akan bertemu di pulau wisata Sentosa pada Selasa. Selain itu, Trump juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada Senin.



(DRI)


Kontroversi Jaket Ibu Negara AS saat Kunjungi Detensi Imigrasi

Kontroversi Jaket Ibu Negara AS saat Kunjungi Detensi Imigrasi

11 hours Ago

Melania Trump mengejutkan dunia dengan mengunjungi migran anak di perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko…

BERITA LAINNYA