Ribuan Warga Palestina kembali Salat di Al-Aqsa

Sonya Michaella    •    Sabtu, 29 Jul 2017 09:35 WIB
palestina israel
Ribuan Warga Palestina kembali Salat di Al-Aqsa
Warga Palestina kembali salat di Al Aqsa. (Foto: Anadolu)

Metrotvnews.com, Yerusalem: Ribuan warga Palestina kembali memasuki Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, setelah Israel mencabut pembatasan usia untuk memasuki wilayah suci itu.

Sebelumnya, otoritas Israel sempat membuat peraturan bahwa pria di bawah 50 tahun dilarang memasuki Al-Aqsa dan menutup beberapa gerbang.

Pencabutan larangan itu keluar beberapa jam sebelum salat dimulai. Ribuan warga Palestina juga ada yang menunaikan salat di jalanan dan depan gerbang utama.

Dikutip dari Al Jazeera, Sabtu 29 Juli 2017, situasi di Al Aqsa saat salat Jumat hingga Maghrib pun terlihat damai dan aman.

Namun, sempat ada pertikaian kecil di sekitar Gerbang Singa dan Wadi Joz. Tetapi, secara umum semuanya berjalan dengan aman.

Sementara, di Bethlehem, sekitar 200 warga Palestina melaksanakan salat di depan tembok pemisah.

Walaupun terlihat aman, dunia internasional tetap mendesak Israel agar tidak terus-terusan mencengkeram Al-Aqsa.

Indonesia juga akan mengusulkan proteksi internasional untuk kompleks suco tersebut agar bentrokan tak lagi pecah di kemudian hari.

Usulan ini akan disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Pertemuan Luar Biasa Menteri Luar Negeri Negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Turki pada 1 Agustus mendatang.

 


(FJR)