Bom Bunuh Diri ISIS di Yaman Tewaskan Lima Orang

Willy Haryono    •    Minggu, 25 Feb 2018 16:06 WIB
konflik yamanisis
Bom Bunuh Diri ISIS di Yaman Tewaskan Lima Orang
Warga berada di lokasi bom bunuh diri di Aden, Yaman, 29 November 2017. (Foto: AFP/NABIL HASSAN)

Aden: Dua bom bunuh diri terhadap pasukan keamanan di kota Aden, Yaman, Sabtu 24 Februari 2018, menewaskan lima orang. Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Lima orang, termasuk beberapa aparat dan satu anak kecil, tewas dalam ledakan di markas unit anti-teror di distri Tawahi. Laporan disampaikan kepala keamanan Aden Jenderal Shallal al-Shae.

Seperti dikutip AFP, dia mengatakan 24 warga sipil dan tujuh petugas keamanan di pantai dekat lokasi ledakan juga terluka. 

Shae memuji keberanian pasukan keamanan, yang mencegat mobil berisi bahan peledak sehingga tidak dapat masuk ke markas polisi. 

Media propaganda ISIS, Amaq, mengklaim bertanggung jawab via sebuah pesan di aplikasi Telegram. Disebutkan bahwa dua militan ISIS telah melancarkan serangan suci di Yaman. 

Ledakan terjadi setelah bentrokan berdarah di Aden bulan lalu. Bentrokan berakhir dengan dikuasainya sebagian besar wilayah Aden oleh separatis. 

Aden telah menjadi basis dari pemerintahan Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi sejak terusir dari Sanaa oleh pemberontak Houthi pada 2014. 

Dalam kekacauan di Yaman sejak beberapa tahun terakhir, ISIS berulang kali menyerang Aden. Sebagian besar target serangan adalah pasukan keamanan. 

Uni Emirat Arab dan Arab Saudi memimpin koalisi militer untuk memerangi Houthi di Yaman sejak 2015. Sejauh ini, konflik di Yaman telah menewaskan lebih dari 9.200 orang.


(WIL)